Rabu, 02 Desember 2015

BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (hari ke tiga)



BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
BAGI GURU PAI SMP, SMA & SMK
KABUPATEN TULUNGAGUNG
TAHUN 2015
Tanggal  30 Nopember – 02 Desember 2015

HARI KETIGA
Seperti dua hari sebelumnya kegiatan pagi ini langsung dibuka oleh bpk. Drs. Masngut, M.Pd.I.




Materi :
1.       Perancangan Penilaian Otentik
2.       Praktek Pembelajaran Terbimbing
a.       Simulasi Pembelajaran.
b.      Peer Teaching
3.       Post Test / Tugas Akhir
4.       Penutupan
5.       Tugas mandiri Pendukung Bimtek
a.       Analisis SKL, KI dan KD
b.      Analisis Buku Guru dan Buku Siswa
c.       Menyusun RPP
d.      Merancang Instrumen Penilaian Autentik dan Mengisi Raport Siswa
NB : Pengiriman Hasil Tugas Mandiri ke panitia (via email /langsung)




Penyaji Materi  : Drs. Hindama Ruhyanani, M.Pd.I (TOT Nasional)






CURRICULUM VITAE
Nama                                      :  Drs. Hindama Ruhyanani, M.Pd.I
NIP                                         :  19650822 199303 1 003
Tempat tanggal Lahir                :  Trenggalek 22 Agustus 1965
Alamat                                     :  RT 4 RW 1 Kamulan Durenan Trenggalek
Nama istri                                :  Dra.Sri Wahyuni
Jumlah anak                             :  3
NO.Tlp                                   :  081 259 003 89
Pekerjaan                               : 
-          Pengawas Kemenag kab. Trenggalek
-          Tenaga Out Sourcing BDK Surabaya
-          Pengawas Teladan tingkat nasional
Pendidikan                            :
-          S1 IAIN Malang 1990
-          S2 STAIN Tulungagung 2011
-          S3 UIN Maliki Malang Proses penyelesaian Disertasi

 Secara garis besar kegiatan pada hari ini adalah praktek membuat instrumen penilaian. Para peserta pelatihan dengan tekun membuat beberapa instrumen dengan bimbingan narasumber.





hasil pekerjaan peserta kemudian dipresentasikan dan disempurnakan bersama.



Supaya tidak jenuh maka narasuber mengajak peserta untuk menyanyi






CATATAN PRAKTIS          :
Evaluasi                         : kegiatan identifikasi untuk melihat apakah suatu program telah berhasil /     belum.
Assessment (Penilaian)   : penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang pencapaian hasil belajar siswa (value judgment).
Measurement (pengukuran )     : proses pemberian angka /usaha memperoleh deskripsi numerik dari suatu tingkatan karakteristik tertentu pada seorang siswa. 
Tes                                        : salah satu cara penilaian yang dirancang dan dilaksanakan kepada siswa pada waktu dan tempat tertentu serta dalam kondisi yang memenuhi syarat syarat tertentu secara definitif.

SUATU TEST DIKATAKAN AUTENTIK JIKA :
1. Mensyaratkan kemampuan menerapkan pengetahuan
2. Konteks /situasi nyata (real world situation)
3. Konteks sesuai kehidupan siswa
4. Ada informasi / data yang cukup bagi siswa untuk menerapkan pengetahuannya
5. Open ended (dapat diakses siapa saja)

Penilaian autentik
a.       Dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses dan keluaran (output) pembelajaran.
b.      Terpadu dengan pembelajaran.
c.       Menilai kesiapan, proses dan hasil belajar peserta didik secara utuh.
d.      Meliputi ranah sikap, ketrampilan dan pengetahuan.
e.      Relevan dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran.
f.        Mencerminkan masalah dunia nyata.
g.       Tidak hanya mengukur apa yang diketahui oleh peserta didik tetapi  lebih menekankan mengukur apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik

PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP
1.       Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui observasi, penilaian diri (self assessment),penilaian antar peserta didik (peer assessment) dan jurnal.
2.       Instrumen observasi, penilaian diri dan penilaian antar peserta didik berupa daftar cek (checklist)atau skala penilaian (rating scale) disertai rubrik. Jurnal berupa catatan guru tentang kekuatan, kelemahan, sikap dan perilaku peserta didik di dalam dan di luar kelas.
3.       Rubrik adalah daftar kriteria yang menunjukkan kinerja, aspek yang akan dinilai, dan gradasi mutu

- Penilaian antar peserta didik merupakan tehnik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi.
-  Jurnal merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan prilaku


KRITERIA KENAIKAN KELAS (minimal)
1.       Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti
2.       Mencapai tingkat kompetensi pengetahuan (KI 3) dan ketrampilan (KI 4) yang dipersyaratkan minimal sama dengan KKM yaitu 2, 67
3.       Nilai kompetensi sikap (KI 1 dan KI 2) untuk setiap mata pelajaran sekurang – kurangnya baik (B)
4.       Memilik maksimal dua mata pelajaran yang masing – masing nilai kompetensi pengetahuan dan kompetensi ketrampilannya di bawah KKM.
5.       Ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 15 % dari jumlah hari efektif.
6.       Berdasarkan hasil rapat pleno dewan guru.



IMPLIKASI DARI KETUNTASAN
-          KD pada KI 3 dan KI 4 diberikan remedial individual sesuai dengan kebutuhan kepada peserta didik yang memperoleh nilai < 2,67
-           KD pada KI 3 dan KI 4, diadakan remedial klasikal sesuai dengan kebutuhan apabila > 75 % peserta didik memperoleh nilai < 2,67
-          KD pada KI 3 dan KI 4, peserta didik yang memperoleh nilai > 2,67 dapat diberi pengayaan dan melanjutkan KD selanjutnya.
-          Untuk KD pada KI 1 dan KI 2 pembinaan terhadap peserta didik yang secara umum sikapnya belum berkategori baik dilakukan secara holistik (oleh guru mapel , guru BK, atau orangtua)


Pelatihan  diakhiri  dengan kegiatan post test






Setelah kegiatan post test selesai , pelatihan ditutup oleh bpk Drs. Masngut, M.Pd.I. 









 FOTO BERSAMA PARA PESERTA BIMTEK KURIKULUM 2013 UNTUK KENANG - KENANGAN

k














Semoga ilmu yang didapat selama mengikuti Bimtek K 13 dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas GPAI. 
SEMOGA DAPAT BERTEMU LAGI DI KESEMPATAN YANG AKAN DATANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar