Rabu, 16 Desember 2015

1. Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan





Registrasi Peserta Workshop


Peserta workshop hari Rabu tanggal 16 Desember 2015 adalah bapak ibu guru yang mengajar selain mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris.












 Kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan yang susunan acaranya sebagai berikut :
1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3. Laporan Panitia
4. Sambutan Bapak Kepala Dinas Pendidikan kab. Tulungagung
5. Doa / penutup



Jadwal Kegiatan Workshop

Waktu
Acara
08.00 – 09.00
Opening
09.00 – 10.00
Sesi Pertama
10.00 – 10.15
Coffee Break
10.15 – 12.00
Sesi Kedua
12.00 – 13.00
SHOIMA
13.00 – 16.00
Sesi Ketiga
16.00 - …………
Penutupan & Go Home…


Nara sumber :
COACH RIDWAN ABADI

Senior Trainer of PT. Era Mulia Abadi Sejahtera
Owner Sekolah Bisnis Business Owner School Cabang di 17 kota di Indonesia
Mentor Nasional di Sinergi Edukasi
Mentor Nasional di Waralaba University
National Coach on Indonesia Board of Grounded Business Coaching
Coach/ Trainer di banyak komunitas nasional ( IIBF, TDA, APMI, MCI dll )





1.      Pengalaman sebagai Trainer :
#Shell Indonesia
# Bank BCA
# Pemkab Jember
# Pemkab Batu – Jatim
# POS Indonesia
# Jasaraharja
# OJK
# Departemen Keuangan
# Departemen Perdagangan
# Departemen Kopasi dan UMKM
# Universitas Brawijaya
# Universitas Negeri Malang
# Universitas Muhammadiyah Malang
# Universitas ITN
# Universitas ABM
# Universitas Andalas
# Universitas Negeri Jember
# Universitas Samratulangi
# Universitas Mulawarman dan banyak lagi




 Suasana di tempat pelatihan



 Presentasi kerja kelompok
















Beberapa catatan praktis :

1.    - Setiap tempat adalah sekolahan, setiap orang adalah guru dan setiap kejadian adalah pembelajaran
   
Guru BIASA ( Mengajar )
Guru YANG BAIK ( menjelaskan )
Guru YANG LEBIH BAIK ( memahamkan)
Guru TERBAIK membagi ( INSPIRASI DAN KETELADANAN )

     

Menurut Undang-Undang RI No.14 tahun 2005 seorang guru harus memiliki kompetensi yang berkaitan dengan tugasnya antara lain :
1)      Kompetensi pedagogic, maksudnya adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik.
2)      Kompetensi kepribadian, maksudnya adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik
3)      Kompetensi professional, maksudnya adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam
4)      Kompetensi social, maksudnya adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua / wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.


Spirit : Thomas Alfa Edison
Di masa kecilnya, ia dianggap dungu oleh guru di sekolah dasar tempat dia sekolah. Akhirnya ia pun keluar dari sekolah itu. Namun. Saat itu ibunya tetap yakin bahwa dia akan menjadi orang yang besar. Ibunya benar. Thomas Alfa Edison telah menghasilkan 1.039 hak paten. Penemuannya yang jarang disebutkan antara lain : telegraf cetak, pulpen elektrik, proses penambangan magnetic, torpedo listrik, karet sintesis, baterai alkaline, pengaduk semen, mikrofon, transmitter telepon karbon dan proyektor gambar bergerak.






1.      SMART Teacher
1. Spirit Ibadah :
Tujuan bekerja sebagai ibadah adalah God Satisfaction, lebih dari sekedar Customer dan Stakeholders Satisfaction

2. Mental Mensukseskan :
Ciptakan Panggung dan Antarkan anak didik kita Mewujudkan Mimpinya!

3. Aktif Memotivasi :
·         Guru harus merasa bahwa dia bagian dari kelas bukan hanya Pemimpin kelas
·         Tugas yang diembankan kepada Guru akan tercapai jika menjadi tujuan seluruh siswa

4. Respect kepada siswa :
Menggali lagi makna Menghargai.

Kita disegani, dihormati, bukan semata karena kecerdasan, kekayaan atau kehebatan kita tapi karena kita Peduli dan menghargai !

5. Terpercaya ucapan & perbuatannya.
Membangun Nilai Kepercayaan.

GURU Sebagai seseorang yang dapat digugu dan ditiru, apapun yang dikerjakan dan diucapkan harus dapat dipercaya oleh orang lain


Macam- macam cara belajar siswa :

1.      1. VISUAL ( Belajar Dengan Cara Melihat ) :
Sekali lihat pasti faham dan berbicara dengan cepat
Biasanya tidak terganggu oleh keributan
                                      Lebih suka membaca daripada dibacakan
Mementingkan penampilan baik dalam hal pakaian maupun presentasi
Selalu mencoret-coret tanpa arti selama bicara atau sedang mendengar
                                   Biasanya duduk di bangku depan


2. AUDITORIAL ( Belajar Dengan Cara Mendengar  ) :
Sekali dengar pasti faham dan pembicara yang fasih
Sekali terganggu dalam belajar apabila ada keributan disampingnya
Membaca dengan keras dan lebih suka dibacakan
Suka berdiskusi dan menjelaskan sesuatu dengan panjang lebar
Biasanya duduk di bangku tengah

3. KINESTETIK (belajar dengan gerak dan bekerja) 


² Penampilan rapi, berbicara pelan
² Tidak terlalu mudah terganggu dengan situasi keributan
² Belajar melalui memanipulasi dan praktek
² Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
² Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca
² Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita
² Menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca
² Menyukai permainan yang menyibukkan
² Tidak dapat mengingat geografi, kecuali jika mereka memang pernah berada di tempat itu
² Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka Menggunakan kata-kata yang mengandung aksi


1.      Ice Breaking (Pecahkan kebekuan kelas anda)
Tujuan :
ü  Perkenalan
ü  Pencair suasana ( dinamis )
ü  Energizer
ü  Refreshing
ü  Focus dan konsentrasi
ü  Menghubungkan materi




TEACHING Technique :
1. Touch, sentuh & masuk ke dunia siswa.

                      Sentuh – Masuk kedunianya dan temukan minat siswa

2. Empowering, berdayakan siswa.

                      Berdayakan Siswa untuk mencapai kesuksesan belajar.

1.                                                 Gunakan tehnik  PFIS (Positif, Fokus, Inklusif, Spesifik)

3. AMBAK, bangkitkan motivasi dengan AMBAK (Apa manfaatnya bagi Aku)
4. CHARACTER, kenali karakter tipe belajar siswa
5. HAPPY, ciptakan suasana belajar yang membahagiakan /menyenangkan
6. INTERLUDE, buat jeda berkala
7. NEXT STEP, buat rindu dan penasaran.
Bangkitkan minat agar siswa selalu menanti pertemuan berikutnya.

1.      KONDISIKAN SISWA DENGAN MENGALIRKAN KERINDUAN dan PENASARAN

8. GET COMMITMENT, mengangkat  komitmen siswa.
Bentuk Komitmennya:
ü  Ingin memperbaiki standar sendiri
ü  Ingin melampaui standar yang dibuat orang lain



FOTO BERSAMA BAPAK KEPALA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TULUNGAGUNG





1






BERSAMA ESTIKA (SMPN 3 Kalidawir) dan  SNESA (SMPN 1 Ngunut)
"dua hati satu cinta"







Behind Screen : di dalam lift,menuju lantai 6 hotel Istana.





Ibu guru kembar (bak pinang dibelah dua)

Kata - kata mutiara



1.      SEMUA manusia akan hancur, kecuali mereka yang berilmu.
SETIAP orang yang berilmu akan hancur, kecuali orang-orang yang beramal.
SETIAP orang yang beramal akan hancur, kecuali orang-orang yang ikhlas.
SETIAP orang yang ikhlas akan selalu menghadapi godaan setan.  ) [Imam Al Ghozali]





1.      Yang membedakan antara ada dan  tiadanya diri anda adalah manfaat yang mampu anda tebar


 Lagu untuk guru ( from Keluarga Cemara)
HARTA BERHARGA 

Guru yang paling berharga, Adalah yang kreatif
Guru yang paling indah, Adalah menyenangkan
Guru yang paling bermakna, Adalah yang efektif
Mutiara, tiada tara. Adalah para guru

Selamat pagi bunda
Selamat pagi ayah
Mentari hari ini berseri indah
Terimakasih Bunda
Terimakasih Ayah
Sumpah janji bersama
Dari kami putera-puteri
Yang siap berbakti


 SEMOGA KITA BISA MENJADI GURU YANG LEBIH BAIK DAN DIRINDUKAN KEHADIRANNYA OLEH SISWA


 Sekedar iseng   ..............


Tidak ada komentar:

Posting Komentar